• syahbudin47

Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Senator Evi Apita Maya Ajak Generasi Cintai Produk Lokal

Updated: Jun 16

Nasional Editor, Mataram: Memahami pentingnya keberadaan Empat Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai benteng dan penjaga Republik Indonesia, senator cantik asal NTB, Evi Apita Maya, SH. M.Kn menggelar sosialisasi Empat Pilar di SMKN 4 Kota Mataram, beberapa waktu lalu. Kegiatan itu dibuka langsung Kepala Sekolah SMKN 4 Mataram yang dihadiri oleh Siswa dan para Guru.



Ibu Evi sedang memberikan materi 4 Pilar Kebangsaan pada para Murid dan Guru di SMK N 4 Mataram
Ibu Evi sedang memberikan pemahaman pentingnya Empat Pilar Kebangsaan

Menurut Evi sapaan akrabnya, Pancasila, Negara Kesatuan, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika merupakan panduan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berperan sebagai kompas untuk mewujudkan civic sociaty sekaligus kekuatan budaya untuk menjaga derasnya pengaruh asing yang memunculkan goncangan budaya (culture shock).


Semakin baik kita memahahami empat pilar, akan menjadikan kedamaian dan rasa saling memiliki, saling percaya, dan saling menjaga sesama warga negara. Mari kita jadikan empat pilar sabagai penangkal arus modernisasi yang membawa efek negatif bagi kita, ujarnya dihadapan para siswa dan siswi kemarin.

Lebih lanjut Pimpinan DPD RI itu menyatakan bahwa keberagaman yang dipunyai Indonesia merupakan kekayaan khasanah bangsa yang memiliki keutamaan yang tidak semua bangsa memilikinya.


"Keberagaman mesti kita jaga dan kelola secara positif untuk perbaikan kehidupan kita sebagai bangsa. Jika tidak, keberagaman ini akan memicu disintegrasi kehidupan bangsa," tegasnya.


Dalam kesempatan itu, Evi Menguraikan selain potensi keberagaman manusianya, Indonesia memiliki letak geografis yang strategis dengan potensi sumber daya alam yang sangat melimpah. Menurutnya, seluruh potensi itu bila dikelola dengan baik, sesungguhnya negara kita adalah negara terkaya dimuka bumi.


"Mengenal bangsa sendiri, dengan seluruh kekayaan, keragaman, dan nilai luhur dalam diri bangsa adalah sebuah keharusan yang mesti dimiliki oleh genarasi muda agar dapat mencintai negaranya. Mencintai produk lokal merupakan bentuk rasa cinta dan rasa bangga menjadi Indonesia," terangnya.


Menurutnya, salah satu faktor yang memajukan sebuah negara iyalah ekonomi. Ekonomi akan maju, jika seluruh warga negara merasa memiliki prodak dalam negerinya.


"Negara kita memiliki penduduk terbesar keempat di dunia, dengan 270 juta penduduk. Potensi demografi ini telah menjadikan negara kita pasar strategis bagi industri dunia, yang selalu jadi rebutan negara manapun. Hari-hari ini kita melihat, serangan produk negara luar menguasai pasar. Jika kita terus jadi pasar utama industri negara lain, kita tidak bisa jadi negara maju. Anak muda harus jadi benteng negara, menangkal itu dengan mencintai dan membela produk-produk lokal yang kita punya," ajaknya.



"Mari kita mulai dari sekarang, cinta pada produk local sebagai tanda cinta pada bangsa sendiri. Mewujudkan kecintaanmu pada Indonesia, tidak sulit mulai sekarang masukan produk lokal dalam list belanja kebutuhan pribadimu, mengajakan teman, sahabat, kerabat berbelanja produk-produk local," imbuhnya

8 views0 comments

Recent Posts

See All