586 Warga Binaan Lapas Divaksin


WBP Lapas Sumbawa Besar mendapatkan suntik vaksin agar terhindar dari Covid-19 (Photo: Her)


Sumbawa, Nasionaleditor.com - Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sumbawa Besar siang ini (Jumat, 10/09) disuntik vaksin dosis pertama. Vaksinasi ini terselenggara setelah dilaksanakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dan Polres Sumbawa. Tercatat 586 orang warga binaan telah terdaftar sebagai penerima vaksin.


Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan bagi warga binaan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di lingkungan Lapas, serta merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Hukum dan HAM serta Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait percepatan vaksinasi bagi WBP.




“Ini salah satu ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan warga binaan agar terhindar dari covid, berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan kepolisian.” Ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga sebelumnya telah melakukan beberapa upaya pencegahan dan peningkatan imunitas warga binaan dengan memprogramkan olahraga rutin maupun berjemur pagi hari.


Sementara itu koordinator Tim Vaksinator, Diah Rosanti mengungkapkan bahwa para warga binaan ini akan diberikan vaksin dosis pertama jenis sinovac. Hal ini disesuaikan dengan jenis vaksin yang dialokasikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Tim Vaksinator juga mengingatkan kepada warga binaan bahwa vaksin sifatnya adalah pencegahan dan bukan pengobatan, sehingga diharapkan agar warga binaan tetap mematuhi protokol kesehatan.(Her/R)

14 views0 comments