Bank NTB Syariah Menjadi Salah Satu Bank Syariah Terkuat di ASEAN


Bank NTB Syariah resmi beroperasi pada akhir tahun 2018 lalu (foto: bankntbsyariah.co.id)


Mataram, NasionalEditor.com -The Asian Banker merilis bank syariah terkuat di ASEAN berdasarkan evaluasi neraca 2020. Dalam penilainnya tersebut, Bank NTB Syariah berada diposisi 14 setelah Bank MBSB Malaysia yang berada diposisi 13.


The Asian Banker menjelaskan, pemberian peringkat ini bertujuan untuk membantu bank dan perusahaan dalam melihat kualitas lembaga untuk tujuan transaksi kredit dan keuangan.


Penilaian tersebut mencakup enam bidang kinerja neraca keuangan, yaitu: kemampuan skala, pertumbuhan neraca, profil resiko, profitabilitas, kualitas aset dan liquiditas.


“Kriteria evaluasi ini ditetapkan berdasarkan penilaian kuantitatif secara cermat atas kinerja keuangan bank di daerah yang kami cakup selama tahun laporan. Kami mengevaluasi kinerja melalui enam indikator penting yang dibobotkan berdasarkan kepentingan relatifnya: pertama, skala asset bank terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), kedua, pertumbuhan neraca pinjaman dan simpanan bersih, ketiga, manajemen resiko operasional bank, keempat, profitabilitas dan keberlanjutannya, kelima kekuatan dan kredibilitas pinjaman yang disalurkan, dan yang keenam, likuiditas aset untuk menghadapi kejadian buruk yang membutuhkan arus kas keluar,” jelasnya sebagaimana dikutip dari Seasia.co (04/03).


Sebelumnya, Bank NTB Syariah pernah mendapatkan penghargaan TOP BUMD Award 2020 dengan menyabet tiga penghargaan sekaligus. Salah satunya TOP Pembina BUMD 2020 kepada Gubernur NTB, DR. Zulkieflimansyah, SE.,M.Sc.


Bank NTB berdiri pada 05 Juli 1964 dengan modal dasar sebesar 60 juta rupiah. Kemudian pada akhir tahun 2018, Bank NTB dikonversi menjadi Bank NTB Syariah.

154 views0 comments