Google Ads Sebagai Wadah Promosi Digital Pariwisata - Riset Kata Kunci


Credit to : Mitchell Luo on Splash.com

Google ads bukan lah sesuatu hal yang baru bagi beberapa pelaku bisnis pariwisata di NTB.

Karena ada beberapa dari pelaku telah melakukan beberapa jenis promosi di mesin pencari google.


Pagi tanggal 31 Januari 2020 , jam 07.52 wita saya melakukan riset singkat dengan membandingkan beberapa keywords.

Di bawah ini beberapa keyword yang di riset dengan memakai alat yang di sebut Google Trends untuk periode 01 Juli 2019 sampai dengan 10 Januari 2020:

1. Holiday in Lombok 2. Hotel In Lombok 3. Honeymoon in Lombok


Dari ketiga keyword diatas google trends menghadirkan data negara-negara yang menunjukkan ketertarikan berkunjung ke Lombok.


Dengan menggunakan ketiga kata kunci tersebut diadalah adalah sbb : Indonesia ( pasar Domestic), Malaysia, Australia, United Kingdom ( Inggris) dan United States ( USA).


Persentase kata kunci yang di gunakan adalah Hotel in Lombok ( sampai 100%)

Jadi untuk ke 5 negara ini mereka sangat sedikit mencari destinasi Lombok dengan kata kunci " Honeymoon in Lombok" dan " Holiday In Lombok".


Untuk lebih spesifik nya dari rentang waktu diatas Kata Kunci :

- “ Hotel in Lombok “ rata-rate di gunakan sebanyak 35 kali per hari,

-“ Holiday in Lombok” rata-rata di gunakan sebanyak 11 kali per hari

-“ Honeymoon in Lombok “ rata-rata di gunakan sebanyak 4 kali per hari


Setelah itu mari kita beranjak mencari stakeholder kita yang mana yang menggunakan ketiga kata kunci tersebut. Mereka melakukan google ads ( berbayar) yang di tampilkan di halaman pertama di mesin pencari google ( Riset jam 08.04 wita) :


Kata Kunci : Holiday In Lombok

1. Wyndhamhotels(dot)com dengan menampilkan Wyndham Sundancer Lombok.

Mesin pencari google menampilkan beberapa unit usaha pariwisata yang melakukan kegiatan SEO ( search Engine Optimization) . SEO adalah suatu promosi digital secara organik seperti : Holiday Resort Lombok, Lombok Holiday Hotel, Lombok City Holiday dan beberapa OTA ( online travel agent) yang juga mengunakan SEO.


Kata Kunci : Hotel In Lombok ( waktu riset : 08.10 wita) Tidak di temukan satu entity bisnis pariwisata yang menggunakan kata kunci tersebut.

Tentu ini sangat kontradiksi dengan hasil riset singkat kita di Google trends yang menunjukkan bahwa kita belum maksimal menggunakan data sebagai tolak ukur daripada langkah pemasaran digital daripada unit usaha kita.


Dan ada beberapa usaha yang di tampilkan dengan kata kunci “ Hotel in Lombok “ dengan tehnik SEO, organic inbound marketing.

Sekarang kita kembali ke pembahsan awal tentang bagaimana seharusnya kita menggunakan Google Ads untuk meningkatkan exposure destinasi kita ke beberapa negara yang yang ingin kita targetkan.


Tentu nya kegiatan ini memerlukan wadah utama yaitu website , sehingga menjadi sangat krusial bagai destinasi destinasi kita di Nusa Tenggara Barat untuk mempunyai website khusus tentang pariwisata & destinasi. Secara teknis website itu nantinya akan memasukkan element –element penting dari Pariwisata NTB, termasuk Komponen Desa Wisata.

keunikan seni dan kebudayaan setempat, kulinari dan keramahtamahan yang asli Indonesia yang bisa menjadi value proposition yang akan membedakan kita dengan destinasi lainnya.

Tanpa Website Destinasi menjadi sangat tidak relevan untuk berbicara lebih jauh tentang Google Ads. Sekarang kita anggap saja kita sudah mempunyai website destinasi , terus apa yang mesti kita lakukan , baiklah mari kita bahas satu persatu dengan apa yang saya ketahui.


Pertama, dengan hanya mempunyai website tidak berarti bahwa pelanggan kita akan menemukan kita di dunia maya. Karena, di dunia maya terlalu banyak konten yang berseliweran yang membuat search engine menjadi sangat penuh sesak dan tentu nya menjadi sangat kompetitif.


Hal ini menjadikan kegiatan pemasaran secara organik di dunia digital untuk mengarah kan pelanggan ke website kita menjadi semakin sulit. Oleh karena itu, google Ads ( Search Network ) dengan PPC ( pay per click ) menjadi sangat penting dan merupakan pilihan utama untuk kita meningkatkan kunjungan ke website kita nantinya.


Sehingga dengan meningkatnya kunjungan ke website bisa menjadi indikasi minat calon pengunjung NTB sebagai destinasi wisata.

Ada beberapa yang matrik yang di pakai dalam google ads seperti jumlah impression , click thru rate ( CTR) , conversion rate dan lain sebagai nya. Suatu transaksi PPC akan terjadi apabila seseorang menggunakan kata kunci untuk mencari informasi di mesin pencari dan kemudian dia mengklik link sponsor yang di hadirkan di halaman mesin pencari.


Kemudian kita mengenal juga jenis lain dari Google Ads yang lain yang kita sebut sebagai “ Google Display Network ( GDN) “ yang secara sederhana dapat saya definisikan sebagai iklan bergambar / banner yang dapat kita tempatkan di website yang kita targetkan . Misalnya kita ingin menargetkan iklan kita pada para bisnis professional yang ada di Australia, maka kita akan bisa menampilkan iklan GDN kita ini untuk di tampilkan di website para professional bisnis di Australia sehingga kemungkinan besar iklan GDN kita akan dapat di lihat oleh para professional bisnis ini.


Dan ada beberapa jenis iklan dari google yang harus kita maksimal kan seperti Iklan Video, aplikasi dan shopping.

19 views0 comments

Subscribe untuk tetap mendapatkan update dari kami

  • White Facebook Icon

©2020 Copyright Nasional Editor -  Design & Development by DX ProDigital