• Muslifa Aseani

MASATA NTB Fokus Desa Wisata dan Partnership



Mataram, Lombok. Pengurus DPD dan DPC Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) NTB melakukan rapat kerja online, Rabu 7 April 2021. Rapat kerja yang berlangsung melalui Google Meet, dimulai tepat pukul 16.30 Wita dan selesai sekitar 1,5 jam kemudian.


Dua puluh tiga pengurus hadir dan mendiskusikan berbagai program kerja.

Ketua DPD MASATA NTB, Askar DG KAMIS, membuka rapat dengan langsung menyampaikan rencana-rencana kerja terbaru.


Salah satunya, membuka kesempatan untuk seluruh pengurus DPD dan DPC MASATA, bergabung ke Kelompok-Kelompok Kerja (Pokja) yang sesuai dengan program-program tertentu.


MASATA NTB Fokus Pada Pemasaran Desa Wisata dan Partnership.


Berikut beberapa program kerja terdekat MASATA NTB. Diantaranya:


Pertama, Partnership dengan marketplace produk wisata. Seperti Air BnB, I Like Local juga marketplace di negara-negara Eropa, India, dan China. Highlight dari program ini, partnership dijalin dengan platform online untuk market dengan ‘specific interest’.


Kedua, Partnership dengan UNWTO untuk penguatan capacity building para pengurus MASATA di DPD dan DPC serta masyarakat di desa wisata.


Ketiga, partnership dengan Gapura Digital Google untuk pelatihan Digital Marketing.


Keempat, terkait dengan program di atas, dibutuhkan pokja dengan personal berkemampuan khusus. Pokja ini berasal dari pengurus DPD dan DPC MASATA sendiri. Pokja ini pula yang nantinya menjalin komunikasi dengan dinas-dinas pemerintah terkait.


Kelima, setiap partnership akan dilegal-formalkan melalui MoU yang sesuai. Sehingga pada gilirannya nanti, setiap pihak yang terlibat, memiliki kejelasan dan kenyamanan.


“Kita pastikan program-program kerja MASATA NTB yang out of the box. Sehingga dunia pariwisata NTB memiliki tujuan lebih spesifik serta terarah,” tegas Askar.


Pemaparan umum program kerja di atas, tentu disinergikan pula dengan program kerja dari masing-masing pengurus DPC MASATA. Utamanya karena prioritas agenda kepariwisataan antar kabupaten yang berbeda, sehingga implementasi program bisa disesuaikan ulang.


Sinergi Lintas Kabupaten Antara DPC MASATA NTB.




Usai pemaparan umum program, dilanjutkan dengan diskusi antar DPC. Ketua DPC Lombok Tengah (Loteng), Ll. Sandika Irwan, membuka dengan rencana Rapat Kerja Cabang (Rakercab). Disamping membahas program kerja, rakercab ini juga ditargetkan untuk menganalisa hasil kunjungan langsung pengurus DPC ke desa-desa wisata yang ada di Loteng.


DPC Sumbawa, Lutfi Ali, mengingatkan pentingnya legalitas formal. Kondisi ini dibutuhkan untuk memastikan partnership dengan banyak pihak bisa terjalin baik dan aman.


Berikutnya, DPC Bima. Ketua DPC Bima Ihsan Iskandar berharap euphoria event-event internasional di kawasan lain, juga membuat Bima mendapat kunjungan para wisatawan dari event tersebut.


“Tidak harus tinggal lama. Mereka berkunjung dan tinggal semalam saja, kami sudah sangat apresiasi,” demikian harapannya.


Kepengurusan MASATA NTB saat ini sudah terbentuk di 3 kabupaten/kota. Lombok Tengah, Sumbawa, dan kota Bima.


Disamping berkoordinasi melalui grup chat online, sebagian pengurus juga berbagi update pariwisata melalui website. Pengurus DPD umumnya menyampaikan gagasan, pandangan, opini dan update melalui web nasionaleditor. DPC Bima juga memiliki web halobima.

Subscribe untuk tetap mendapatkan update dari kami

  • White Facebook Icon

©2020 Copyright Nasional Editor -  Design & Development by DX ProDigital