Bongkar Habis Fitur Platform Digital Modern yang tidak ada pada Platform Digital Kaleng Kaleng

Updated: Mar 21


Platform digital bukan hanya sekedar website sebab kualitas sebuah platform digital berkaitan juga dengan berapa banyak dukungan teknologi tambahan yang disematkan kedalam platform yang kemudian pengelolaannya dapat dilakukan dalam satu dashboard.


Tulisan ini saya persembahkan pada semua masyarakat agar dapat memiliki pengetahuan dasar tentang beberapa hal yang menyangkut platform digital yang saat ini menjadi trend pembicaraan dimana-mana.


Kemudian diharapkan masyaraakt dapat menilai dan bahkan juga mengevaluasi tingkat teknologi yang digunakan dalam sebuah website yang terkadang di sebut sebagai platform digital.


Saya sendiri baru belajar tentang dunia teknologi dalam membangun platform digital sejak awal 2018 dengan usaha yang terus menerus dan dibimbing oleh mentor mentor terbaik dibidangnya serta dengan dukungan teknologi terbaru dan terbaik didunia dalam hal design dan membangun website / platform digital untuk klien kami .




Baiklah, mari kami mengulas satu persatu fitur fitur yang ada pada dashboard sebuah platform digital dan / atau website. Ilustrasi yang kami tampilkan disini bersumber dari platform digital kami sendiri yaitu sebuah travel marketplace yang kami beri nama LtripX .



Sekarang kita harus mengetahui bahwa platform digital itu tidak hanya sekedar website karena akan ada banyak hal lain yang harus ditambahkan kedalam platform digital yang dibangun.


Baiklah, mari kita bahas beberapa hal dasar yang ada di dashboard dari sebuah platform digital


Pada gambar diatas kita sedang melihat item pada fungsional Store Product, pada fungsional ini kita dapat melihat, menambahkan produk, inventori, dan koleksi.


Fungsional ini biasanya ada pada sistem e-commerce. Dan, yang membedakan antara teknologi yang lebih bagus dengan yang biasa / kuno adalah kemampuan sistem untuk di kustomisasi sesuai dengan jenis dan bisnis model yang dijalani oleh pebisnis.


Contoh, teknologi e-commerce biasanya menjual produk fisik dengan keterangan produk serta keterangan lainnya yang standard. Pada LtripX kami merubah jenis produk sebagai jenis produk pariwisata baik berupa produk fisik ataupun produk digital. dan menambahkan beberapa fitur yang sesuai dengan keterangan produk pariwisata.



Pada gambar diatas anda akan melihat fitur dimana anda bisa melihat jumlah pesanan dan juga beberapa produk yang tidak jadi di beli oleh pelanggan , yang kita sebut sebagai ( abandon cart) sehingga anda bisa menindaklanjuti dengan mengirimkan email kepada pelanggan tersebut sekiranya mereka lupa untuk mengakhiri proses pembelian dari suatu produk ( proses pengiriman email ini pun dilakukan secara automatis).



Gambar diatas adalah fungsional blog yang ada di dashboard dimana blog adalah suatu alat untuk membangun konten sehingga selalu ada konten konten yang selalu baru pada platform digital anda yang akan banyak membantu untuk implementasi strategi SEO ( Search Engine Optimization) anda.



Anda tentu juga dapat menambahkan fungsional event pada platform digital yang anda bangun , selain membantu membangun konten , fungsional event juga dapat anda monetize sebagai sumber penghasilan lain bagi bisnis anda.



Hal yang tidak kalah penting dalam bisnis atau organisasi adalah bagaimana suatu bisnis di dukung oleh sistem CRM ( Customer Relation Management ) yang merupakan sebuah sistem yang mencatat dan menyimpan banyak data dari customer anda. Seperti yang anda lihat di gambar atas ada beberapa fitur yang ada di item ini.



Hmmm anda tentu melihat pada gambar diatas betapa SEO dan kegiatan digital marketing lainnya sangat penting untuk terintegrasi dengan platform digital yang anda bangun, untuk itu anda harus menggunakan teknologi platform digital terkini untuk dapat menyederhanakan pengelolaan bisnis dan organisasi anda di era digital ini.


tentu anda melihat betapa banyaknya fitur fitur pendukung lainnya untuk kegiatan Marketing dan SEO seperti yang terlihat pada dashboard bisnis kami LtripX.



Selain hal-hal yang telah kita bahas diatas tentunya anda harus dapat mengakses sistem pelaporan dari platform digital yang anda bangun secara realtime untuk anda dapat menilai dan mengevaluasi performance dari platform digital yang anda bangun.



Fungsional keuangan pastilah menjadi hal yang sangat perlu anda perhatikan, dengan memiliki platform digital yang terkini anda / team anda dapat mengirimkan tagihan atau penawaran ke klien anda saat anda sedang duduk santai di cafe dan tidak perlu menunggu sampai di kantor untuk pengiriman sebuah invoice atau sebuah penawaran.


Inilah yang disebut jaman digital, jaman dimana less friction dan zero friction dengan sistem automasi yang bisa anda bangun dengan proses integrasi termasuk integrasi sistem pembayaran.



Membangun database tidak lagi serumit yang mereka jelaskan kepada anda apalagi kalau mereka masih berbahasa dengan teknologi kuno, di platform digital yang kami bangun sejumlah database yang tidak terbatas dapat anda buat dan anda tampilkan dengan menggunakan dynamic page yang kita hubungkan dengan dataset yang kita definisi sesuai kebutuhan data yang ingin ada ambil dan tampilkan.



Last but not least, sebagai sebuah platform digital tentu tidak bisa berdiri sendiri oleh karena itu banyak teknologi tambahan yang kita sematkan dan tambahkan dalam sebuah platform digital sesuai dengan kebutuhan . Oleh karena itu sistem platform yang kami bangun dapat di integrasikan dengan ribuan teknologi terkini seperti beberapa aplikasi buatan google dan teknologi tekologi pendukug lainya.


Saya fikir, mungkin cukup sekian dulu perkenalan kita dengan dashboard sebuah platform digital yang perlu kita kenali sebagai pegangan anda agar tidak gampang dikecohkan oleh pengguna teknologi jaman kuda gigit besi yang tidak lagi relevan dengan kebutuhan jaman ini.


Tentu ada yang bertanya kenapa saya tuliskan dan paparkan pada artikel ini , alasan nya adalah :

  1. Agar kita memiliki fondasi pemahaman yang sama dengan perkembangan Teknologi terbaru tentang sebuah platform digital yang sering di bicarakan.

  2. Agar kita tahu apa saja yang harus dipresentasikan oleh sebuah perusahaan / orang-orang yang membangun platform digital untuk bisnis dan organisasi anda.

  3. Agar kita mampu membedakan platform digital ala kadar yang dikembangkan dan dibangun oleh developer kaleng kaleng dengan teknologi jadul.


Catatan :

Penulis adalah seorang Master Trainer - Google Gapura Digital dan Official Partner sebuah platform digital ternama di dunia.














Subscribe untuk tetap mendapatkan update dari kami

  • White Facebook Icon

©2020 Copyright Nasional Editor -  Design & Development by DX ProDigital