Pasangan Bule Belanda yang Doyan Nasgor Pedas

Nasi goreng lazimnya dinikmati di malam hari. Hidangan yang disantap saat baru diangkat dari penggorengan ini, selain menjadi menu makan yang akrab di lidah orang Indonesia, juga menghangatkan tubuh terutama ketika menghadapi udara dingin.

Tetapi Hengky dan Carolina, pasangan bule Belanda, justru memilih menu ini saat siang. Tengah hari tadi, udara cukup gerah, setelah sehari sebelumnya hujan lebat mengguyur Mataram. Pasangan itu memarkir sepeda masing-masing. Wajah mereka kemerahan dan berkeringat setelah menempuh perjalanan lebih dari 30 kilometer.

"Nasi goreng yang tersedia apa saja?" tanya Carolina kepada resepsionis Iqro' Happy Food. Ia disodorkan daftar menu. Tak lama ia menyebut makanan dan minuman pilihannya. "Nasi goreng ikan teri dan es jeruk," katanya.

Sambil menunggu pesanan saya menemani keduanya. Mereka telah 12 tahun berada di Lombok. Tinggal di kawasan Pantai Kerandangan, Lombok Barat. Selama itu telah membuat keduanya familiar dengan berbagai masakan Lombok. "Saya suka ares, juga pelecing kangkung," sebut Carolina.

Pesanan pun datang. Tetapi, baru saja mencicipi, Carolina bangkit, meminta sesuatu pada pelayan. Kembali ke meja, ia membawa wadah berisi sambal. Astaga, saya melihatnya mengambil beberapa sendok sambal itu lalu mengaduknya bersama hidangan di depannya. Hal yang sama juga dilakukan suaminya.

Saya yang doyan pedas, sudah mencoba semua varian nasi goreng Iqro' Happy Food. Bagi saya, semua hidangan ala Sasak itu pedasnya sudah standar, sehingga saya tak pernah menambah sambal lagi.

Keduanya menikmati makan dengan demikian lahap. Bahkan sampai tak tersisa sebutir nasi pun di piring mereka. Dan, saya terheran-heran mereka tidak nampak kepedasan. Ini Londo ternyata lebih maniak pedas daripada lidah Sasak. Gila!

"Luar biasa. Nikmat, enak sekali," seru Carolina setelah menghabiskan makanannya. Keduanya pamit dan mengatakan akan berkunjung lagi di lain waktu.

2 views0 comments

Subscribe untuk tetap mendapatkan update dari kami

  • White Facebook Icon

©2020 Copyright Nasional Editor -  Design & Development by DX ProDigital