Geopark Rinjani Bantu Pokdarwis Karang Bayan Gelar Pelatihan Agar Pariwisata Kembali Bejaya

Updated: Oct 6


Para peserta pelatihan turun langsung ke lapangan untuk berlatih kepemanduan wisata. Salah satunya dengan mengunjungi destinasi geowisata setempat (Foto: Abror/NasionalEditor.com)


NasionalEditor.com - Geopark Rinjani Lombok atau Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark terus menjalankan tugas dan fungsinya. Hal itu sesuai dengan yang tertuang dalam visinya, yakni “Memuliakan Bumi dan Mensejahterakan Masyarakat” dengan mengadakan Pelatihan dan Workshop pengembangan wisata kepada pelaku wisata di berbagai tempat yang ada di Pulau Lombok.


Dengan menyalanya kembali lampu hijau pariwisata di dunia, khususnya Indonesia yang sekian lama dirundung Pandemi, Geopark Rinjani langsung bergerilya turun ke tempat wisata yang pernah berjaya sebelumnya, dan ingin kembali kepada masa tersebut.


Awal Oktober 2021 menjadi hari yang berkesan bagi Desa Karang Bayan. Berawal dari kemauan yang besar dari Ketua Pokdarwisnya, Dedi untuk mengembalikan kejayaan wisata di desanya. Ia mengajak tim Geopark untuk membantu membangun kembali pondasi wisata Desa Karang Bayan.


“Bulan lalu kami berkunjung ke Geopark untuk meminta bantuan agar pemuda di Desa kami di edukasi dan dilatih prihal pariwisata,” ucap Pak Dedi beberapa hari sebelum kegiatan di mulai.


Geopark Rinjani dan Tim langsung bergegas menyiapkan kegiatan tersebut dikomandoi oleh Meliawati selaku Fasilitator serta kerjasama Panitia dan Pokdarwis, Workshop dan Pelatihan yang dimaksud berhasil diadakan.


Bertempat di Aula Kantor Desa Karang Bayan, workshop dan pelatihan yang mengangkat tema “Pengembangan Wisata Budaya Berbasis Geowisata” resmi dibuka oleh Sekretaris Desa dihadiri oleh Kepala Sekretariat Geopark Rinjani Lombok, Ketua IAGI Pengda NTB dan tamu undangan lainnya.


Acara pembukaan berlangsung khidmat. Dalam sambutannya, Sekretaris Desa (Sekdes), Mandrawasih menekankan kepada 20 peserta agar sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan sampai selesai.


“Kami berharap adik-adik dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan sukacita pelatihan oleh ahli-ahli ini, jangan setengah-setengah agar ilmu-ilmu yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan diterapkan di desa yang kita cintai ini, ” pesan Mandrawasih kepada para peserta.


Bekerja sama dengan IAGI NTB, ITMA NTB, dan Pokdarwis Karang Bayan,Workshop dan Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini di isi oleh pemateri-pemateri yang ahli dibidangnya. Diantaranya, Radiyus (DLHK), Kusnadi (Ketua IAGI Pengda NTB), Juraedah Dwi (IAGI Pengda NTB), Fahrurrozi Gaffar (Ketua ITMA NTB), Bang Fathul Rakhman dan Yuniar Pratiwi (Geopark Rinjani Lombok), serta pemateri lainnya, seperti perwakilan HHBK dan Mahasiswi Prodi Pariwisata Syariah UIN Mataram.


Workshop dan Pelatihan yang dikemas menarik ala Geopark Rinjani Lombok membuat semangat peserta tidak luntur sampai hari terakhir. Dimana tidak hanya mendengarkan materi, peserta juga dituntut untuk menyelesaikan beberapa lembar kerja dan esoknya langsung praktik menjadi Pemandu Wisata dengan teknik-teknik yang telah dijelaskan Pemateri.


Hal tersebut berdampak besar terhadap pola pikir dan minat peserta untuk mengembangkan Geowisata Karang Bayan kembali. Terlihat dari salah satu sesi workshop, dimana para peserta diberikan tugas untuk menuliskan keingianan dan harapannya untuk Desa Karang Bayan kedepan.


“Kami ingin Wisata Karang Bayan populer, masyarakatnya sejahtera, ekonominya meningkat, fasilitasnya diperbaiki, perhatian pemerintah, diperbanyak kegiatan edukasi dan pelatihan," tulis salah seorang peserta pelatihan. Semua isi keinginan dan harapan peserta mengarah kepada mengembalikan kejayaan wisata Desa Karang Bayan.


“Alhamdulillah, berkat kegiatan ini, kami melihat teman-teman muda yang menjadi peserta mulai berminat menghidupkan kembali Wisata Karang Bayan ini. Sebelumnya di Pokdarwis hanya pengurus intinya saja yang masih aktif. Setelah ini, kami jadi lebih optimis, karena personil kami bertambah dan wawasan kami juga terasah.” ucap Dedi di hari terakhir kegiatan.


Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih dan harapannya kepada Desa Karang Bayan setelah kegiatan kedepannya.


“Kami sangat berterimakasih sekali telah diterima dengan baik di Desa Karang Bayan ini. Acara yang diinisiasi oleh Pokdarwis Karang Bayan ini adalah bukti bahwa Karang Bayan telah siap berbenah maju seperti masa kejayaannya dulu. Semoga output kegiatan ini dapat meningkatkan perkembangan wisata berbasis geologi di Karang Bayan, ” kata Mustari di sesi terakhir acara. (Abror/NE)

6 views0 comments