Perkuat Kemampuan Kru Kapal, SMKN 1 Sekotong Datangkan Pelatih Diving


Kepala Sekolah SMKN 1 Sekotong, Sulman Haris, M.Pdi (kiri) bersama instruktur diving, Shofi Hidayat (kanan) saat memberikan pembelajaran langsung di atas Kapal Latih Handayani (Kamis, 02/09)


Giri Menang, Nasionaleditor.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sekotong Kabupaten Lombok Barat terus berupaya melakukan berbagai terobosan pengembangan Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (KK NKPI) pada tahun 2021.


Tersedianya kapal latih Handayani 03 SMKN 1 Sekotong,semakin mempermudah para siswa untuk melakukan kegiatan praktek langsung dilapangan. Kegiatan pembelajaran secara langsung di atas kapal latih ini bertujuan memperkenalkan berbagai peralatan kapal serta alat alat navigasi lainnya.


Selain itu,untuk mempersiapkan para lulusan yang tangguh menghadapi berbagai tantangan di lautan luas, pihak SMKN 1 Sekotong juga membekali para siswanya agar memiliki kemampuan menyelam.


"Kompetensi pendukung NKPI yakni terkait ilmu diving, diajarkan oleh guru tamu Bapak Shofi Hidayat (Avis) PADI instructor yang bekerja pada Lombok Scuba Dive Center", jelas Kepala SMKN 1 Sekotong, Sulman Haris, M.Pdi.


Para siswa peserta pelatihan tampak antusias mendengarkan pengarahan dari Kepala Sekolah SMKN 1 Sekotong, Sulman Haris, M.Pdi


Lebih jauh dikatakan Sulman Haris, pengenalan alat selam scuba untuk siswa SMKN 1 Sekotong tersebut,diharapkan agar para siswa mengenal cara kerja alat dan selanjutnya belajar menyelam. "Kedepannya para siswa harus menguasai ilmu diving, sebab ilmu selam disamping berguna di sektor pariwisata,juga dapat dimanfaatkan pada sektor lainnya," ucapnya.


Kegiatan pelatihan pengenalan alat-alat navigasi kapal,serta teknik dasar menyelam yang berlangsung di Laut Lembar tersebut,didampingi langsung oleh Kajur KK NKPI,Ardyen Saputra, S.Pi., M.Si dan Kepala Bengkel NKPI, Supriyadi,S.Pi.


Pada kegiatan pelatihan tersebut,para guru tamu untuk navigasi dan mesin kapal juga menyampaikan beberapa materi lainnya.Seperti materi dasar pengoperasian GPS, Radar, peta laut, satelit dan permesinan kapal.


Selain itu, peserta didik juga mendapatkan ilmu tentang kompetensi keahlian di RPS TBSM dengan peralatan yang cukup memadai dan lengkap. Praktek TBSM langsung dibawah bimbingan Kajur (Kepala Jurusan) TBSM, I Made Kariartha, S.T dan Kabeng Try Kaspian Cahyadi, S.T


"Saya selaku kepala sekolah harus mampu memberikan inovasi dan ketauladanan dalam memperkuat kerjasama untuk mengembangkan Kompetensi Keahlian yang sudah ada dengan selalu berkolaborasi dan kompak untuk bersama sama mewujudkan Visi-Misi SMKN 1 Sekotong yaitu Religius, Unggul dan Berkarakter," pungkas Kepala Sekolah yang juga merupakan Sekretaris DPP IARMI (Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia) Provinsi Nusa Tenggara Barat itu. (UJ/NE).

29 views0 comments