Safari Ramadhan Kedua, Pemdes Taman Baru Bagikan Al-Quran dan Sajadah


"Acara tersebut sebagai upaya untuk memaksimalkan program PPKM berskala mikro. Dengan cara turun langsung ke dusun-dusun diharapkan dapat membuka kesadaran masyarakat, bahwa ancaman Covid-19 benar-benar ada," kata Miad, Sekdes Taman Baru, Selasa (20/4).

Giri Menang, NasionalEditor.com - Pemerintah Desa Taman Baru melaksanakan Safari Ramadhan kedua sekaligus sosialisasi program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Dusun Pemegatan, Selasa (20/4).

"Kegiatan ini rangkaian dari Safari Ramadhan yang diadakan oleh pemerintah Desa Taman Baru untuk yang kedua kalinya. Kemarin Senin kita adakan di Dusun Gelumpang, sekarang kita adakan di Dusun Pemegatan. Sekaligus kita sosialisasikan tentang PPKM berskala Mikro ini," Kata Saidi, S.Adm, Pjs. Kepala Desa Taman Baru saat membuka acara.


Acara yang dirangkai dengan Sholat Tarawih berjamaah tersebut dihadiri oleh Tim Satgas Covid-19, Karang Taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Dusun Pemegatan.


Seusai shalat Tarawih, Ustadz Yasin, Imam pada shalat Tarawih tersebut menyampaikan kajian pada Surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ.


"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa (QS. Al-Baqarah: 183)


Ia kemudian menggarisbawahi, kalimat "la'allakum tattakuun", agar kalian menjadi orang bertakwa.


Menurutnya, sembari memberi pendapat para ulama, orang yang berpuasa belum tentu dikatakan bertakwa, karena dalam kata "takwa" terkandung 3 hal: takut, taat dan bersih.


"Ternyata walaupun berpuasa belum tentu di cap sebagai orang yang bertakwa. Kenapa? Karena didalam kata takwa itu ada tiga (hal): takut, taat, dan bersih.


Pertama Takut


Orang yang takut adalah orang yang melaksanakan kewajiban dan meninggalkan larangan-Nya. Pada puncaknya orang yang takut tidak cukup melaksanakan kewajibannya, tapi menambahnya dengan amalan-amalan sunnah lainnya.

Kedua Taat


Orang yang taat adalah orang yang tulus mematuhi perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.


Ketiga Bersih


Orang bertakwa itu orang yang bersih hatinya dari dosa, seperti syirik, riya', ujub dan sifat-sifat tercela lainnya.


Sementara itu, Pengasuh Yayasan Darud Dakwah, Kelep, TGH. Sahwan dalam kesempatan itu menyampaikan keutamaan orang yang berpuasa dengan mengutip potongan ayat dalam Surah Al-Ahzab Ayat 35:


وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا


"Laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al-Ahzab: 35)


Penyerahan Kitab Suci Al-Quran oleh Pjs. Kepala Desa Taman Baru kepada Kepala Dusun Pemegatan


Dalam acara yang berlangsung khidmat tersebut, Pemdes Taman Baru membagikan Al-Quran dan Sajadah serta masker dan hand sanitizer yang diserahkan secara simbolis oleh Pjs. Kepala Desa Taman Baru kepada Kepala Dusun Pemegatan yang disaksikan oleh segenap hadirin.


Ditemui seusai acara, Sekretaris Desa (Sekdes) Taman Baru, Muhammad Miad, S.Pd.I mengatakan, acara tersebut sebagai upaya untuk memaksimalkan program PPKM berskala mikro. Dengan cara turun langsung ke dusun-dusun diharapkan dapat membuka kesadaran masyarakat, bahwa ancaman Covid-19 benar-benar ada.


"Secara pribadi mewakili dari pemdes dan secara umum Tim Satgas Covid-19. Apa yang kami lakukan pada bulan puasa ini, yaitu untuk memaksimalkan Program PPKM berskala mikro, bertujuan untuk menyampaikan informasi-informasi dan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, bahwa Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia dan umumnya di dunia saat ini itu ada. Harapan kami ketika sudah turun ke bawah seperti ini, mudah-mudahan kesadaran masyarakat akan datang dengan sendirinya," kata Miad.


Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) Pemegatan, Junaidi mendukung dan berterima kasih kepada panitia rombongan Safari Ramadhan yang telah mengadakan acara tersebut di tempatnya. Menurutnya, acara tersebut sangat baik, karena mengedukasi masyarakat agar selamat dari ancaman Virus Corona.


"Alhamdulillah. Terima kasih kami ucapkan kepada panitia rombongan Safari Ramadhan dalam acara sosialisasi PPKM skala Mikro ini. Tanggapan saya sangat baik, karena mensosialisasikan kepada masyarakat kami agar terhindar dari Covid-19, yang menurut saya pribadi sangat penting. Saya sangat mendukung program PPKM ini demi kampung kita yang selamat dari Covid-19," kata Junaidi.