Setelah Terlantar di Meksiko, Elizabeth Akhirnya Diizinkan Masuk Amerika


"Ini seperti cahaya harapan, pada perjalanan panjang ini, yang kami tunggu-tunggu disini, di Meksiko," kata Elizabeth saat mendengar kabar Ia dan keluarganya diperbolehkan kembali ke Amerika Serikat.

Toluca, NasionalEditor.com - Elizabeth dan keluarganya merupakan satu dari ribuan pencari suaka yang terlantar di Meksiko akibat kebijakan Donald Trump yang melarang pencari suaka masuk Amerika. Padahal Ia bersama keluarganya meninggalkan Venezuela untuk menyelamatkan diri, karena merasa terancam keselamatannya oleh Intelejen Militer Venezuela.


“Kami meninggalkan negara kami, karena ketidakamanan dan gangguan yang kami hadapi, dan itu sama dengan disini -- Meksiko. Kami harus meninggalkan Venezuela, karena gangguan yang kami terima dari Intelejen Militer Venezuela yang terus menerus mengganggu dan mengancam saya, anak saya dan keluarga saya,” ungkap Elizabeth dalam sebuah video pendek yang diunggah oleh organisasi pemerhati hak asasi manusia, Human Right Watch, Sabtu, (6/3/2021).


Namun nahas, perlakuan yang sama mereka dapatkan di Meksiko. Ia dan keluarganya diperas dan dilecehkan oleh polisi dan agen imigrasi setempat.


“Ketika saya sampai di Meksiko, otoritas setempat menahan kami di Bandara Mexico City. Mereka bertanya, jika kami pergi ke perbatasan, mereka meminta uang suap agar kami tidak di deportasi,” jelasnya.


Selain itu, mereka menjadi target kelompok kriminal. Mereka harus pergi dari Matamoros untuk menyelamatkan diri dari kelompok tersebut.


“Di Matamoros, kami sangat takut tehadap Kartel, oleh karena itu, kami harus pindah darisana. Saya harus membawa anak saya kemanapun saya pergi, karena takut dia diculik atau diperas oleh mereka.”


Tidak hanya sampai disitu, Elizabeth dan keluargnya merasa seakan hidupnya telah berhenti setelah tidak diizinkan untuk bekerja dan tidak mendapatkan layanan penting termasuk kesehatan dan pendidikan.


“Sekarang, hidup kami telah berhenti, sejak kami tidak diizinkan untuk bekerja disini. Kami tidak mempunyai layanan kesehatan gratis dan anak saya tidak bisa sekolah,” terang Elizabeth.


Setelah lama terlantar di Meksiko, Elizabeth dan keluarganya akhirnya bisa bernafas lega setelah Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memulai langkah positif dengan mengizinkan beberapa pencari suaka dengan kasus tertunda, seperti Elizabeth kembali ke Amerika Serikat.


“Oh, ini seperti sinar harapan, pada perjalanan panjang ini, yang kami tunggu-tunggu disini, di Meksiko.” sambut Elizabeth.


Sebelumnya, dibawah pemerintahan Donald Trump, banyak pencari suaka mendapati kasusnya tidak diputuskan dengan adil atau dicegah mengajukan suaka. Mereka masih terlantar di Meksiko, dimana mereka terus menerus menghadapi pelecehan.


Presiden Biden harus memastikan bahwa mereka juga mendapatkan perlakuan yang adil. Sementara pemerintah Meksiko harus melindungi para pencari suaka di Meksiko dan memastikan mereka bisa bekerja dan mendapatkan akses kesehatan dan pendidikan.



Recent Posts

See All

Subscribe untuk tetap mendapatkan update dari kami

  • White Facebook Icon

©2020 Copyright Nasional Editor -  Design & Development by DX ProDigital