Strategic Partnership PT Telkom dan Masata NTB dalam Akselerasi Digitalisasi Pariwisata.

Updated: Oct 13

PT Telkom Indonesia membangun Strategic Partnership dengan MASATA DPD NTB dalam program Akselerasi Digitalisasi Pariwisata


Mandalika, NTB. PT Telkom Indonesia dengan semangat “Growing Together“ melalui Divisi Business Service berkomitmen menjadi partner kolaborasi sekaligus mendukung transformasi digital UMKM Indonesia. Untuk itu, Sabtu (09/10, 2021) melakukan kunjungan ke ‘Cable Landing Station’ di Mandalika, Lombok Tengah (Loteng). Sebagai rangkaian kegiatan lanjutan dari agenda tersebut, Direktur Executive Business Service, Edi Witjara, bersama tim lainnya mengunjungi UMKM, Homestay dan Komunitas Tangguh di Mandalika.


Dalam kunjungannya ia memberikan dukungan untuk meningkatkan daya saing Mandalika dan NTB secara keseluruhan dalam menghadapi event-event Internasional ke depan. “Kita perlu berkolaborasi untuk membangun image dan gaungnya mandalika dan nusa tenggara barat secara keseluruhan agar bagus d mata dunia,” tegasnya dalam sambutan.


Selain itu Telkom juga memberikan apresiasi kepada UMKM Naung Songket, Homestay Tanawu dan Masata (Masyarakat Sadar Wisata) dalam mendigitalisasi Pariwisata NTB dengan paket internet Mysooltan. Melalui mySooltan, Telkom menjadi fasilitator dalam kemajuan teknologi digital pada berbagai aspek kebutuhan UMKM.


“Kolaborasi dengan Telkom ini mungkin kita harus pro active bareng bareng bapak dan ibu. Jadi tidak hanya Telkom, nanti kita juga mohon bantuan bahwa kita ini adalah partner. Kita ini adalah mitra yang saling ingin maju bersama, sehingga harus dari kedua belah pihak. Kkita mohon bantuan juga ibu dan bapak mensoundingkan Telkom bahwa kita ini punya pride tertentu, saat manakala bapak dan ibu bekerja sama dengan Telkom, kita ini keluarga besar dalam hal bisnis, sehingga yang lain akan ikut, yang lain juga akan percaya bahwa partnernya bapak dan ibu adalah perusahaan yan terpercaya,” urai Edi Witjara, Direktur Executive Business Service, lebih lanjut.



Diskusi PT Telkom Indonesia dan MASATA DPD NTB

Askar Daeng Kamis, Ketua MASATA DPD NTB mengapresiasi tinggi kerjasama ini. Ia menyatakan, Telkom telah mengambil langkah yang strategis dan progressive dengan merangkul dalam proses digitalisasi pariwisata Nusa Tenggara Barat. Hal ini juga sebagai upaya dalam mempersiapkan kesiapan kita dalam menyongsong event event Internasional seperti WSBK dan MotoGP yang sebentar lagi akan dilaksanakan di DSP Mandalika.


Lebih lanjut, ia menegaskan, Masata sebagai komunitas yang dalam program kerja mereka fokus untuk mengembangkan Desa Wisata dan Ekonomi Kreatif , sangat apresiatif atas kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak Telkom. “Kami ingin tumbuh bersama dalam memajukan perekonomian masyarakat serta hexahelix kepariwisata NTB, dengan Teknologi Digital,” pungkasnya.


Lalu Sandika Irwan, Ketua DPC Masata Loteng, menyepakati dan menegaskan pula bahwa desa wisata penyangga kawasan Mandalika sudah siap mendukung penyelenggaraan event di Mandalika.


“Selama dua hari saya dampingi bapak Edi meninjau lokasi rencana pembukaan camping ground dan glamping. Area ini nantinya ditargetkan menampung penonton WSBK dan MOTOGP. Satu kondisi, kita di Mandalika saat ini akomodasi hanya sekitar 5000 tempat tidur, sehingga perlu tambahan tempat. Survey awal kemarin di desa Kuta, Desa Prabu dan Desa Mertak. Keseluruhan lokasi siap tinggal nanti bagaimana kerjasama dengan pihak pemerintah daerah kabupaten Lombok Tengah dan Provinsi NTB untuk hal-hal yang sifatnya teknis di lapangan,” ungkapnya.


Kesepakatan lain mengemuka, dengan harapan semoga kerjasama Telkom dan MASATA ini bisa meningkatkan penjualan bagi para pemilik atau pengelola homestay. Pihak-pihak yang nantinya akan diajak berkolaborasi melalui platform-platform yang didukung Telkom, seperti wonderin.id atau travelaja.com.


Penulis: Yulia Prayanti

Editor: Muslifa Aseani

20 views0 comments