IFBEC NTB Sukses Menggelar Acara Table Set Up Competition 2021. Berikut Daftar Pemenangnya

Sesi foto bersama Sekdispar NTB, Ketua STP Mataram, Ketua IFBEC NTB, dan Panitia sekaligus Dewan Juri Table Set Up Competition 2021 di Gedung Pertemuan STP Mataram, Selasa (05/10)


Mataram, NasionalEdior.com - IFBEC NTB bekerjasama dengan STP Mataram sukses mengelar acara Table Set Up Competition 2021, Selasa (5/10). Bertempat di Gedung Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Drs. Hasbulwadi, M.Pd, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, Dr. Halus Mandala, M.Hum, Ketua IFBEC NTB, Sudirman, CRMH, dan segenap tamu undangan.


Mengawali acara, Ketua Panitia, Sumi Adyana, SE saat memberikan laporan kegiatan tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan acara tersebut.


“Kami haturkan terima kasih atas dukungan Ketua STP Bapak Halus Mandala yang telah memberikan tempat sehingga acara ini terlaksana, dan kami haturkan terima kasih kepada Bapak Sekdispar NTB telah menghadiri acara ini sehingga bisa terlaksana dengan baik, dan terima kasih kepada panitia yang mensupport acara ini, dan juga kepada ketua masing-masing asosiasi,” ucapnya.


Sekdispar NTB, Drs. Hasbulwadi, M.Pd memeberikan kode "keren" saat dihubungi wartawan di sela sesi foto bersama


Ungkapan serupa juga dilontarkan oleh Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala, M.Hum saat memberikan sambutan atas nama Yayasan STP Mataram, bahwa sebagai Ketua Yayasan STP Mataram, Ia mengapresiasi kepemimpinan Sudirman atas keberhasilannya memimpin IFBEC NTB.


“Yang pertama saya ingin mengapresiasi Pak Sudirman atas keberhasilannya memimpin IFBEC NTB. Walaupun kondisi saat ini Covid-19 masih bisa menyelenggarakan kompetisi semacam ini,” ujarnya.


Lebih lanjut Ia menyampaikan, bahwa STP Mataram hadir untuk masyarakat, pemerintah, asosiasi dan organisasi-organisasi yang berjuang meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Nusa Tenggara Barat.


“STP hadir tidak hanya untuk kami, STP hadir adalah untuk masyarakat NTB. Membantu program pemerintah dan apapun program yang diselenggarakan oleh asosiasi dan organisasi yang sifatnya meningkatakan SDM NTB, kami pasti mendukung,” kata Halus dengan nada penuh semangat.


Suasana di dalam ruangan saat Sekdispar NTB menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Table Set Up Competition 2021


Sekdispar NTB, Drs. Hasbulwadi, M.Pd yang hadir memberikan sambutan dan pembukaan saat dikonfirmasi di sela sesi foto bersama juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Ketua IFBEC NTB dan STP Mataram atas terselenggaranya acara tersebut.


“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Ketua IFBEC Provinsi Nusa Tenggara Barat beserta Ketua STP Mataram yang telah menginisiasi terselenggaranya Table Set Up Competition 2021 ini,” ucapnya.


Ia berharap, kegiatan serupa bisa menjadi contoh kerjasama semua pihak dalam meningkatkan SDM kepariwisataan Nusa Tenggara Barat.


“Harapan kami tentunya, kegiatan kompetisi ini bisa dijadikan sebuah role model program kegiatan sinergitas berbagai pihak dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia Kepariwisataan Lombok Sumbawa NTB Gemilang,” harapnya.


Sementara itu, Ketua IFBEC NTB, Sudirman saat ditemui ditengah kesibukannya mengatur jalannya acara mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam merancang Table Set Up yang menarik dengan melibatkan kearifan lokal yang ada di NTB.


Salah satu grup peserta dari Tim Sekolah tampak sedang bersiap-siap menunggu dimulainya kompetisi


“Jadi tujuannya untuk meningkatkan SDM pariwisata yang lebih baik. Bagaimana membuat Table Set Up yang menarik dengan mengangkat kearifan lokal. Misal mereka dari Sade, Kuta atau KLU, mereka harus mengangkat kearifan lokalnya sendiri,” terang Owner Goedang Kopi Ampenan tersebut.


Lanjut Dirman—sapaan akrabnya, lomba tersebut tidak menjanjikan apa-apa. Namun demikian, juara kompetisi tersebut akan mendapatkan pengakuan resmi, dan berpeluang mengikuti kompetisi yang lebih bergengsi kedepan.


“Kita tidak menjanjikan apa-apa, karena Table Set Up International yang ada di Bali itu sampai sekarang belum ada informasi. Tapi yang jadi juaranya nanti declared menjadi juara Table Set Up Competition 2021. Seandainya tahun depan kita di undang untuk mengikuti kompetisi disana, kita akan kirim pemenang lomba ke Bali untuk mengikuti Table Set Up Internasional,” tutupnya.


Lomba tersebut diikuti oleh puluhan grup peserta dari dua kategori berbeda, yakni Sekolah dan Industri, dan masing-masing memperebutkan juara satu, dua dan tiga. Yang mana, tim dari Sekolah dimenangkan oleh STP Mataram sebagai juara satu, Poltekpar dan SMKN 1 Praya masing-masing menempati juara dua dan tiga. Sementara tim dari Industri dimenangkan oleh Sudamala sebagai juara satu, Kila dan Lombok Astoria masing-masing menempati juara dua dan tiga.


Mengutip dari situs staffnew.uny.ac.id, Table set-up merupakan rangkaian kegiatan untuk mengatur dan melengkapi meja dengan peralatan makan dan peralatan penunjang lainnya sesuai jenis hidangan yang akan disajikan. Tujuan table set-up adalah untuk meningkatkan efesiensi kerja para pramusaji. (UJ/NE)