Unsa Harus Membangun Sinergitas Dengan Pemda


Acara penutupan PKKMB Unsa yang dihadiri langsung oleh Bupati Sumbawa, Drs. Haji Abdullah (8/9)


Sumbawa, Nasionaleditor.com - Momentum penutup kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru atau di singkat PKKMB Universitas Samawa tadi sore 8 September 2021 di tutup oleh bupati Sumbawa Drs. Haji Mahmud Abdullah.


Sebelum di tutup oleh bupati Sumbawa terlebih dahulu penyampaian laporan oleh ketua panitia, Dr. Syafruddin, SE.,MM, beliau mengatakan "kegiatan ini PKKMB dilaksanakan tiga hari. Hari pertama penjelasan teknis mulai dari tahap kegiatan sampai berakhirnya kegiatan. Pada hari kedua PKKMB dilaksanakan di tingkat universitas dengan berbagai materi mulai dari pemaparan materi kurikulum oleh Warek (Wakil Rektor) satu, materi administrasi dan keuangan yang disampaikan oleh warek dua, materi perkenalan kegiatan ilmiah, organisasi kemahasiswaan, dan beasiswa yang disampaikan oleh Warek tiga, setelah itu di lanjutkan dengan kegiatan perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta kiat-kiat menjadi mahasiswa berprestasi", ucap Dr. Syaf.


Lebih lanjut, Dr syaf demikian sapaan akrab beliau, "Pada hari kedua kegiatan PKKMB di laksanakan di fakultas guna memperkenalkan unsur-unsur fakultas, akademik, hingga eksistensi ormawa fakultas seperti BEM, DPM, dan MPM. Pasca kegiatan itu, kemudian di lanjutkan pengukuhan dan pelantikan mahasiswa baru sebagai mahasiswa UNSA oleh rektor. Di sela-sela kegiatan itu berlangsung, kami juga menyiapkan tim media serta tetap mengedepankan protokol kesehatan demi terhindar dari covid 19. Pada kesempatan itu juga beliau sangat berterima kasih kepada bagian kemahasiswaan, dekan, kaprodi, organisasi kemahasiswaan, BEM, DPM, MPM, dan UKM yang telah membantu suksesnya acara ini" kata Dr. Syaf.


Setelah menyampaikan laporan ketua panitia kegiatan, kemudian di lanjutkan sambutan pak rektor, Prof Dr Saifuddin Iskandar, M. Pd beliau menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PKKMB "bahwa keberadaan UNSA di kabupaten Sumbawa sangat penting karena dapat membangun sinergitas antara perguruan tinggi dengan Pemda baik pada aspek kajian maupun perumusan kebijakan yang nantinya dapat memberikan kontribusi bagi kabupaten Sumbawa guna Menuju Sumbawa gemilang dan berkeadaban. Tidak hanya itu, beliau berharap agar mahasiswa tetap menjaga roh idealisme agar bergerak sesuai rel-rel yang ada", jelasnya.


Usai penyampaian kata sambutan rektor universitas Samawa, kemudian di lanjutkan kata sambutan dan sekaligus penutup acara PKKMB oleh bupati Sumbawa, Drs Haji Mahmud Abdullah. Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan "agar para mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan baik, memiliki prestasi serta pengalaman organisasi yang nanti dapat memberi kontribusi yang bermanfaat bagi daerah khusus kabupaten Sumbawa guna menuju Sumbawa gemilang dan berkeadaban". Lebih lanjut Haji mo, demikian sapaan akrab bupati Sumbawa bahwa UNSA sebagai salah satu universitas tertua tak bisa di pungkiri bahwa selalu memberikan yang terbaik bagi kabupaten Sumbawa, tegas Haji Mo.

Di penghujung penutupan kegiatan PKKMB kemudian dilakukan pelantikan dan pengukuhan mahasiswa baru sebagai mahasiswa universitas Samawa yang dilakukan oleh rektor universitas Samawa. Setelah itu di lanjutkan foto bareng dengan bupati Sumbawa, mulai dari unsur pimpinan universitas, dilanjutkan pimpinan tingkat fakultas, dan terakhir pembinaan UKM dan mahasiswa yang tergabung dalam UKM universitas Samawa. (Her/NE)

5 views0 comments