Search Results

114 items found

Events (2)

  • Entrepreneur Mindset
    Tickets: Rp 150.000,00
    2 Desember 2020 | 11.00
    Jl. Jend. Sudirman No.40, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83124, Indonesia
  • 2 Desember 2020 | 11.00
    Banyumulek, Kediri, West Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83362, Indonesia
View All

Blog Posts (94)

  • Wabup Lombok Utara Tanggapi Pandum Fraksi Terhadap Dua Raperda

    Tanjungi, NasionalEditor.com - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, ST.,M.Eng., menyampaikan jawaban/tanggapan atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yaitu Raperda Pelestarian Tradisi dan Budaya Daerah dan Raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, di Aula Paripurna DPRD KLU, Rabu (1/12/2021). Dalam pembukaannya, Wakil Ketua I DPRD KLU H. Burhan M. Nur, SH yang memimpin persidangan menyatakan kedua Raperda tersebut sebagai bentuk implementasi dari kebutuhan regulasi. Pelestarian tradisi dan budaya daerah meliputi perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan siklus aktivitas manusia, agar tak lekang oleh zaman. Sedangkan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung sebagai instrumen pelayanan publik dan sumber peningkatan PAD. Dalam pada itu, Wabup Danny menyatakan Perda merupakan regulasi kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Diuraikan Wabup Danny, hampir semua fraksi memberikan gambaran penting kedua Raperda tersebut menjadi regulasi Perda. “Saya sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota fraksi-fraksi dewan yang telah memiliki pandangan yang relatif sama terhadap dua Raperda tersebut. Pada intinya kami sepakat dan berterima kasih atas perhatian dan dukungan gabungan fraksi," tuturnya. Setelah Raperda ditetapkan untuk diterapkan, lanjutnya dapat memacu peningkatan destinasi wisata serta kesinambungan penyediaan layanan publik lebih optimal. "Sejatinya tradisi budaya dan pariwisata merupakan suatu hal yang tak dapat terpisah. Budaya yang kita miliki saat ini kedepannya berpotensi menjadi suatu daya tarik wisata dan obyek destinasi wisata. Dibutuhkan suatu langkah strategis dalam pengembangannya, melalui rencana aksi daerah selama lima tahun ke depan," tandasnya. (red)

  • Fraksi-Fraksi DPRD KLU Sampaikan Pandum Dua Raperda Usulan Eksekutif

    Tanjung, NasionalEditor.com - Lembaga Legislatif DPRD Kabupaten Lombok Utara mengadakan Rapat Paripurna dengan agenda Pemandangan Umum (Pandum) Fraksi-Fraksi di DPRD KLU terhadap dua Raperda yang diajukan Eksekutif. Kedua Raperda tersebut adalah Raperda Pelestarian Tradisi dan Budaya Daerah, serta Raperda Retribusi Pesetujuan Bangunan Gedung. Kegiatan berlangsung di Aula Paripurna DPRD KLU, Selasa (30/11/2021). Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto R, ST., M.Eng., dalam penjelasannya menguraikan bahwa Raperda tentang Pelestarian Tradisi dan Budaya Daerah merupakan suatu keharusan, sebab Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya. Hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang masing-masing suku bangsa, memiliki perbedaan dan keunikan, baik dari segi bahasa daerahnya, adat istiadatnya, kebiasaannya dan berbagai hal lain yang memperkaya keanekaragaman budaya. Lanjutnya, demikian pula dengan pembahasan Raperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, hal ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang berasal dari retribusi daerah. Potensial untuk peningkatan pendapatan daerah. Sebelumnya, eksekutif bersama DPRD KLU telah menetapkan Perda Nomor 6 tahun 2010 tentang Retribusi Perizinan Tertentu yang mengatur pula tentang retribusi Izin Mendirikan Bangunan. Secara substansi, terdapat dua jenis retribusi pada golongan Retribusi Perizinan Tertentu yaitu Retribusi Izin Mendirikan Bangunan dan Retribusi Izin Gangguan mengalami perubahan menjadi Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung. "Ketentuan mengenai Retribusi IMB menjadi Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung tersebut, dapat lebih besar manfaatnya dalam memberi kewenangan Pemda memungut retribusi untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan PBB sesuai ketentuan perundang-undangan pengenaan Retribusi PBG," tuturnya. Sementara itu, Fraksi Gabungan yang terdiri dari tujuh fraksi, melalui juru bicaranya H. M. Yusuf, M,Pd.I., menyampaikan pemandangan umumnya pemerintah kabupaten berwenang mengelola kebudayaan pelestarian tradisi dan pembinaan lembaga adat. Adapun bentuk pelestarian tradisi, lanjutnya, meliputi perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan keberagaman budaya, "Kami mengusulkan supaya kedepannya tradisi dan budaya daerah, bisa menjadi salah satu (obyek) destinasi wisata unggulan di Lombok Utara,”tandasnya. Pada akhir penyampaiannya, terkait Raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, berharap supaya besaran retribusi bisa menyesuaikan dengan keadaan di tengah suasana perekonomian yang serbasulit seperti sekarang,” pungkasnya. (red)

  • DPRD KLU Setujui Raperda APBD 2022

    Tanjung, NasionalEditor.com - Tujuh Fraksi di DPRD KLU menyampaikan pendapat akhir fraksinya atas Rancangan Peraturan Derah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 dalam Rapat Paripurna, Senin (29/11/2021). Sebagian besar Fraksi menyoroti beberapa kegiatan antara lain terkait upaya pemulihan perekonomian Lombok Utara pascapandemi, Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), hingga penanganan Rumah Tahan Gempa (RTG). Dalam pendapat akhir fraksi yang disampaikan oleh Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi Gabungan PKB, PDIP, dan PBK, serta Fraksi Gabungan PAN dan Demokrat terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2022, menyoroti beberapa hal, diantaranya Pemda KLU perlu melakukan sinkronisasi antara anggaran dan pendapatan dengan hitung-hitungan yang akurat dan efisien. Kemudian perlu potensi yang ada di masing-masing kecamatan disegerakan untuk pembuatan regulasi yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan daerah menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu pula, fraksi-fraksi dalam penyusunan APBD tahun 2012 adalah mesti tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Pemerintah daerah perlu mendorong peningkatan pendapatan daerah yang stabil agar kemampuan keuangan daerah Kabupaten Lombok Utara di masa yang akan datang, lebih baik dalam memenuhi kebutuhan belanja daerah yang semakin pesat. Secara umum, seluruh fraksi menyetujui RAPBD tersebut me jadi APBD 2022. Sementara itu, dalam sambutan Kepala Daerah yang disampaikan atas Pendapat Akhir Fraksi terhadap Raperda APBD 2022 oleh Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, ST., M.Eng., menegaskan Pemda bersama DPRD KLU mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan terhadap masyarakat untuk berupaya menyediakan alokasi anggaran fiskal yang ideal, termasuk melalui APBD 2022 yang telah dibahas bersama Banggar dan berterima kasih atas lancarnya RAPBD menjadi APBD. “Terima kasih yang setulus-tulusnya kepada pimpinan dan anggota DPRD KLU yang telah memberikan masukan dan pemikiran yang konstruktif terhadap RAPBD tahun anggaran 2022 baik terhadap komponen pendapatan belanja dan pembiayaan maupun pengawasan di dalam pelaksanaannya," tuturnya. Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan ada manfaat dari capaian kinerja pemerintah daerah yang mengelola keuangan daerah yang efisien dan efektif dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Ke depan, berdampak positif secara langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat. Melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberpihakan pemerintah terhadap kepentingan masyarakat banyak, pada semua aspek. (red)

View All

Pages (18)

  • Contact | Nasional Editor

    Contact Looking for more information? Get in touch with us today. Email: info@mysite.com Phone: 1-800-000-0000 Follow: Submit Thanks for submitting!

  • Berita Utama | Nasional Editor

    Dukung Nasional Editor Menjadi Situs Berita online Indonesia Berita Utama Editorial Pariwisata Kuliner Daerah Nasional Internasional Olahraga Ekonomi Lifestyle internasional Usman Lonav Mar 9 2 min Warga Amerika Menerima Bantuan Rp 20 Juta Per Orang, Bagaimana dengan Indonesia? Presiden Amerika Serikat, Joe Biden telah menandatangi bantuan stimulus Covid-19 sebesar 1,9 triliun dolar minggu ini (Foto: Philadelphia... Usman Lonav Mar 7 2 min Setelah Terlantar di Meksiko, Elizabeth Akhirnya Diizinkan Masuk Amerika "Ini seperti cahaya harapan, pada perjalanan panjang ini, yang kami tunggu-tunggu disini, di Meksiko," kata Elizabeth saat mendengar... Usman Lonav Mar 4 2 min Aksi Brutal Militer Myanmar, Puluhan Pengunjuk Rasa Ditembak Mati Deng Jia Xi tewas ditembak militer Myanmar saat demo menentang kudeta militer kemarin Naypyitaw, NasionalEditor.com - Deng Jia Xi,...

  • Berita Utama | Nasional Editor I Berita Nusantara

    Dukung Nasional Editor Menjadi Situs Berita online Indonesia Berita Utama Editorial Pariwisata Kuliner Daerah Nasional Internasional Olahraga Ekonomi Lifestyle berita utama Nasional Editor 2 days ago 1 min Wabup Lombok Utara Tanggapi Pandum Fraksi Terhadap Dua Raperda Tanjungi, NasionalEditor.com - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, ST.,M.Eng., menyampaikan jawaban/tanggapan atas... Nasional Editor 2 days ago 2 min Fraksi-Fraksi DPRD KLU Sampaikan Pandum Dua Raperda Usulan Eksekutif Tanjung, NasionalEditor.com - Lembaga Legislatif DPRD Kabupaten Lombok Utara mengadakan Rapat Paripurna dengan agenda Pemandangan Umum... Nasional Editor 4 days ago 2 min DPRD KLU Setujui Raperda APBD 2022 Tanjung, NasionalEditor.com - Tujuh Fraksi di DPRD KLU menyampaikan pendapat akhir fraksinya atas Rancangan Peraturan Derah (Raperda)... Nasional Editor 6 days ago 2 min Meski Stadion Tanpa Penonton, Serudukan PS. Bima Sakti Tumbangkan Lombok FC 2-1 Pada Liga 3 NTB Mataram- NasionalEditor.com -Assisten Pelatih PS. Bima Sakti, Addin mengatakan memang telah menargetkan 4 besar di Regional NTB dengan... Nasional Editor Nov 25 2 min Bupati Lombok Utara Tanggapi Pemandangan Umum Fraksi Terkait RAPBD 2022 Tanjung, NasionalEditor.com - Rapat Paripurna DPRD pada fase Pemandangan Umum Fraksi terkait RAPBD 2022 dilaksanakan di Ruang Sidang... Nasional Editor Nov 25 2 min Paripurna DPRD, Wabup Lombok Utara Sampaikan Penjelasan RAPBD 2022 Tanjung, NasionalEditor.com - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, ST., M.Eng., menyampaikan penjelasan Kepala Daerah... 1 2 3 4 5

View All